Kamis, 13 November 2014

PROPOSAL PENELITIAN - PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP KEEFEKTIFAN PENYAMPAIAN INFORMASI ANTARMAHASISWA 3F2 ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL


Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Keefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel
A.   Data Statistik

Gambar 1. Grafik pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia

B.   Latar Belakang
Penggunaan media sosial sudah sangat mendunia diberbagai kalangan dan berbagai Negara. Berbagai situs juga banyak sekali tercipta untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia dalam berkomunikasi, salah satunya yaitu facebook. Penggunaan facebook sudah tidak asing lagi, bahkan sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi perindividu untuk memilikinya. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari facebook, salah satunya yaitu sebagai media diskusi melalui group yang tersedia dalam facebook.
Group Facebook seolah menggantikan peran layanan group diskusi di mail list yang harus menggunakan e-mail. Diskusi dalam group media jejaring sosial ini lebih terbuka dan interaktif, sehingga menarik untuk diikuti updatenya dari waktu ke waktu. Dalam diskusi di group-group ini, sangat sering muncul interpretasi-interpretasi baru dan personal terhadap satu object atau fenomena pusaka. Object atau fenomena yang didiskusikan bisa berdasarkan informasi yang ada di media massa atau juga yang datang dari pengalaman personal anggota group. Semisal berita yang dicuplik dari website media massaKompas.Com, ketika tautannya dipasang di halaman Group Facebook akan mendapatkan banyak tanggapan.
Melalui Group Facebook, admin maupun member dapat langsung memasang tautan yang akan mereka bagikan kepada orang-orang yang ada didalam group tersebut. Dalam waktu singkat member lain dapat melihat langsung tautan yang dipasang melalui pemberitahuan yang akan muncul pada akun pribadi mereka. Dan dalam waktu bebas juga mereka dapat memberi komentar mereka terhadap tautan tersebut. Segala sesuatu yang diupdate dalam facebook tidak akan bisa hilang dan bisa kapan saja melihat tautan-tautan terdahulu. Itulah salah satu kelebihan facebook yang menjadi salah satu media social yang banyak dipilih orang-orang sebagai media komunikasi.

C.  Rumusan Masalah
1)      Seberapa besar kefektifan penyampaian informasi melalui facebook bagi mahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya ?

D.  Teori
Ø Uses and Gratifications Theory
Teori kegunaan dan kepuasan memandang pengguna media mempunyai kesempatan untuk menentukan pilihan-pilihan media sumber beritanya. Dalam hal ini, pengguna media berperan aktif dalam kegiatan komunikasi untuk memenuhi kepuasannya.
Teori ini mempertimbangkan apa yang dilakukan orang pada media, yaitu menggunakan media untuk pemuas kebutuhannya. Penganut teori ini meyakini bahwa individu sebagai mahluk supra-rasional dan sangat selektif. Menurut para pendirinya, Elihu Katz;Jay G. Blumler; dan Michael Gurevitch (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1984), uses and gratifications meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain , yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan (atau keterlibatan pada kegiatan lain), dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan dan akibat-akibat lain.
Perkembangan teori Uses and Gratification Media dibedakan dalam tiga fase (dalam Rosengren dkk., 1974), yaitu:
1.      Fase pertama ditandai oleh Elihu Katz dan Blumler (1974) memberikan deskripsi tentang orientasi subgroup audiens untuk memilih dari ragam isi media. Dalam fase ini masih terdapat kelemahan metodologis dan konseptual dalam meneliti orientasi audiens.
2.      Fase kedua, Elihu Katz dan Blumler menawarkan operasionalisasi variabel-variabel sosial dan psikologis yang diperkirakan memberi pengaruh terhadap perbedaan pola–pola konsumsi media. Fase ini juga menandai dimulainya perhatian pada tipologi penelitian gratifikasi media.
3.      Fase ketiga, ditandai adanya usaha menggunakan data gratifikasi untuk menjelaskan cara lain dalam proses komunikasi, dimana harapan dan motif audiens mungkin berhubungan.
Kristalisasi dari gagasan, anggapan, temuan penelitian tentang Uses and Gratification Media mengatakan, bahwa kebutuhan social dan psikologis menggerakkan harapan pada media massa atau sumber lain yang membimbing pada perbedaan pola-pola terpaan media dalam menghasilkan pemuasan kebutuhan dan konsekuensi lain yang sebagian besar mungkin tidak sengaja.
Elihu Katz;Jay G. Blumler; dan Michael Gurevitch (dalam Baran dan Davis, 2000) menguraikan lima elemen atau asumsi-asumsi dasar dari Uses and Gratification Media sebagai berikut:
1. Audiens adalah aktif, dan penggunaan media berorientasi pada tujuan.
2. Inisiative yang menghubungkan antara kebutuhan kepuasan dan pilihan media spesifik terletak di tangan audiens
3. Media bersaing dengan sumber-sumber lain dalam upaya memuaskan kebutuhan audiens
4. Orang-orang mempunyai kesadaran-diri yang memadai berkenaan penggunaan media, kepentingan dan motivasinya yang menjadi bukti bagi peneliti tentang gambaran keakuratan penggunaan itu.
5. Nilai pertimbangan seputar keperluan audiens tentang media spesifik atau isi harus dibentuk.

E.   Variabel
Variabel adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam suatu penelitian. Menurut F.N. Kerlinger variabel sebagai sebuah konsep. Variabel merupakan konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.
Ø  Variable Independen →  Pengaruh penggunaan Facebook.
Ø  Variabel Bebas → Kefektifan penyampaian informasi antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.

F.    Definisi
1.   Definisi konsep
Penggunaan Facebook
Penggunaan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti proses, cara, perbuatan menggunakan sesuat pemakaian.
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal My Space atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 denganMark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya,  Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook  membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook.
Kefektifan Penyampaian Informasi
Pengertian keefektifan (effectiveness) secara kuantitatif  adalah perbandingan antara hasil yang diperoleh dibagi dengan target yang harus dicapai.
Pengertian penyampaian yaitu proses, cara, perbuatan menyampaikan: distorsi perumusan ini akan menyebabkan berbagai kesulitan di proses–nya.
2.   Definisi operasional
Penggunaan Facebook
Penggunaan merupakan pemanfaatan sesuatu dengan berbagai macam cara yang dilakukan oleh manusia.
Facebook merupakan salah satu sosial media yang kerap kali digunakan sebagai media komunikasi ataupun penyampaian informasi yang banyak digunakan diberbagai penjuru dunia. Penggunaannya sudah merata diseluruh dunia, bahkan dengan facebook ini bukan hanya teman dinegara kita saja yang dapat berkomunikasi didalamnya namun kita juga dapat menemukan teman ataupun mengenal banyak teman baru dari Negara lain. Media yang sangat luas koneksinya.
Kefektifan Penyampaian Informasi
Kefektifan merupakan keberhasilan dari suatu pesan dalam mempengaruhi komunikan dalam memberikan pemahaman. Sedangkan penyampaian yaitu cara atau proses pentransferan sebuah pesan guna mempengaruhi target komunikan. Informasi disini bersifat universal dan merupakan kepentingan bersama.

G.  Hipotesis
Ø  Hipotesis 0 (H0) → Tidak adanya pengaruh penggunaan Facebook Kefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
Ø  Hipotesis a (Ha) → Adanya pengaruh penggunaan Facebook Kefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.

H.  Indikator
1.        Variable Independen → Pengaruh penggunaan Facebook
·     Intensitas penggunaan Facebook dalam sehari.
·     Fasilitas Facebook yang digunakan.
·     Perubahan yang terjadi setelah menggunakan Facebook

Ø  Variabel Bebas → Kefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
·         Bentuk komunikasi apa yang sering dilakukan dengan sesama mahasiswa.
·         Pesan apa tentang komunikasi yang sering dilakukan dengan sesama mahasiswa melalui Facebook.

I.    Quesioner
ANGKET PENELITIAN
Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Keefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel
  
Petunjuk Pengisisan :
1.      Mohon kesediaan Saudara/i mengisi kuesioner.
2.      Bacalah semua pertanyaan dengan teliti.
3.      Isilah jawaban anda dengan jujur, benar, dan jelas.
4.      Berikan tanda silang (X) pada setiap jawaban yang menurut Saudara anggap sesuai.
5.      Jawaban anda jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
6.      Setelah diisi mohon dikembalikan kepada petugas pengumpul kuesioner.
7.      Terima kasih atas kerjasamanya.

Nama Responden   :..................................................
Umur                      : ………………………………
Jenis Kelamin         :..................................................

Pernyataan 
1.      Pertama kali saya mengenal facebook, saya percaya bahwa facebook adalah media sosial yang akan membantu saya untuk mendapatkan banyak informasi.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

2.      Dengan facebook saya juga bisa berkomunikasi dengan siapa saja.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

3.      Berapa kali anda membuka facebook dalam sehari ?
[A] Jarang                                       [B] 1 kali
[C] 2 kali                                        [D] 3 kali                                 [E] Selalu on

4.      Saya dapat mencari tahu atau menanyakan mengenai tugas melalui facebook.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

5.      Banyak respond dan informasi yang saya dapatkan dari teman-teman melalui facebook.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

6.      Informasi yang disajikan di dalam facebook tersebut dapat saya pahami.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

7.      Fasilitas yang disajikan dalam facebook sudah membantu saya banyak hal dalam mendapatkan inforrmasi.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

8.      Fasilitas yang sering saya gunakan dalam facebook adalah …
[A] Inbox                                        [B] Update Status
[C] Group                                       [D] Skype                                [E] Kolom Komentar

9.      Dengan siapa anda sering bersosialisasi membahas masalah tugas di facebook ?
[A] Teman Sekelas                         [B] Senior
[C] Teman Diluar Kelas                  [D] Dosen                               [E] Orang tak dikenal

10.  Info apa yang sering anda cari dalam facebook ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

11.   Informasi yang saya temukan di facebook sangat membantu saya dalam segala hal.
[A] Sangat setuju                            [B] Setuju
[C] Ragu-ragu                                 [D] Tidak setuju                      [E] Sangat tidak setuju

J.    Sampling
Sampling dalam penelitian ini adalah populasi. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karasteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan pemahaman tersebut, maka penentuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi 3F2 UIN Suanan Ampel.



0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com