Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Keefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel
A. Data Statistik
Gambar 1. Grafik pertumbuhan
pengguna Facebook di Indonesia
B.
Latar
Belakang
Penggunaan
media sosial sudah sangat mendunia diberbagai kalangan dan berbagai Negara.
Berbagai situs juga banyak sekali tercipta untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan
manusia dalam berkomunikasi, salah satunya yaitu facebook. Penggunaan facebook
sudah tidak asing lagi, bahkan sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi
perindividu untuk memilikinya. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari
facebook, salah satunya yaitu sebagai media diskusi melalui group yang tersedia
dalam facebook.
Group
Facebook seolah menggantikan peran layanan group diskusi di mail list yang
harus menggunakan e-mail. Diskusi dalam group media jejaring sosial ini lebih
terbuka dan interaktif, sehingga menarik untuk diikuti updatenya dari waktu ke
waktu. Dalam diskusi di group-group ini, sangat sering muncul
interpretasi-interpretasi baru dan personal terhadap satu object atau fenomena
pusaka. Object atau fenomena yang didiskusikan bisa berdasarkan informasi yang
ada di media massa atau juga yang datang dari pengalaman personal anggota
group. Semisal berita yang dicuplik dari website media massaKompas.Com, ketika
tautannya dipasang di halaman Group Facebook akan mendapatkan banyak tanggapan.
Melalui
Group Facebook, admin maupun member dapat langsung memasang tautan yang akan
mereka bagikan kepada orang-orang yang ada didalam group tersebut. Dalam waktu
singkat member lain dapat melihat langsung tautan yang dipasang melalui
pemberitahuan yang akan muncul pada akun pribadi mereka. Dan dalam waktu bebas
juga mereka dapat memberi komentar mereka terhadap tautan tersebut. Segala
sesuatu yang diupdate dalam facebook tidak akan bisa hilang dan bisa kapan saja
melihat tautan-tautan terdahulu. Itulah salah satu kelebihan facebook yang
menjadi salah satu media social yang banyak dipilih orang-orang sebagai media
komunikasi.
C. Rumusan Masalah
1)
Seberapa besar kefektifan penyampaian
informasi melalui facebook bagi mahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya
?
D. Teori
Ø Uses and Gratifications Theory
Teori
kegunaan dan kepuasan memandang pengguna media mempunyai kesempatan untuk
menentukan pilihan-pilihan media sumber beritanya. Dalam hal ini, pengguna
media berperan aktif dalam kegiatan komunikasi untuk memenuhi kepuasannya.
Teori ini mempertimbangkan apa yang
dilakukan orang pada media, yaitu menggunakan media untuk pemuas kebutuhannya.
Penganut teori ini meyakini bahwa individu sebagai mahluk supra-rasional dan
sangat selektif. Menurut para pendirinya, Elihu Katz;Jay G. Blumler; dan
Michael Gurevitch (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1984), uses and
gratifications meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan
sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber
lain , yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan (atau keterlibatan
pada kegiatan lain), dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan dan akibat-akibat
lain.
Perkembangan teori Uses and
Gratification Media dibedakan dalam tiga fase (dalam Rosengren dkk.,
1974), yaitu:
1. Fase pertama
ditandai oleh Elihu Katz dan Blumler (1974) memberikan deskripsi tentang
orientasi subgroup audiens untuk memilih dari ragam isi media. Dalam fase ini
masih terdapat kelemahan metodologis dan konseptual dalam meneliti orientasi
audiens.
2. Fase kedua,
Elihu Katz dan Blumler menawarkan operasionalisasi variabel-variabel sosial dan
psikologis yang diperkirakan memberi pengaruh terhadap perbedaan pola–pola
konsumsi media. Fase ini juga menandai dimulainya perhatian pada tipologi
penelitian gratifikasi media.
3. Fase ketiga,
ditandai adanya usaha menggunakan data gratifikasi untuk menjelaskan cara lain
dalam proses komunikasi, dimana harapan dan motif audiens mungkin berhubungan.
Kristalisasi dari gagasan, anggapan,
temuan penelitian tentang Uses and Gratification Media mengatakan, bahwa
kebutuhan social dan psikologis menggerakkan harapan pada media massa atau
sumber lain yang membimbing pada perbedaan pola-pola terpaan media dalam
menghasilkan pemuasan kebutuhan dan konsekuensi lain yang sebagian besar
mungkin tidak sengaja.
Elihu Katz;Jay G. Blumler; dan Michael
Gurevitch (dalam Baran dan Davis, 2000) menguraikan lima elemen atau
asumsi-asumsi dasar dari Uses and Gratification Media sebagai
berikut:
1. Audiens adalah aktif, dan penggunaan
media berorientasi pada tujuan.
2. Inisiative yang menghubungkan
antara kebutuhan kepuasan dan pilihan media spesifik terletak di tangan audiens
3. Media bersaing dengan sumber-sumber
lain dalam upaya memuaskan kebutuhan audiens
4. Orang-orang mempunyai kesadaran-diri
yang memadai berkenaan penggunaan media, kepentingan dan motivasinya yang
menjadi bukti bagi peneliti tentang gambaran keakuratan penggunaan itu.
5. Nilai pertimbangan seputar
keperluan audiens tentang media spesifik atau isi harus dibentuk.
E.
Variabel
Variabel
adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam suatu penelitian.
Menurut F.N. Kerlinger variabel sebagai sebuah konsep. Variabel merupakan
konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah
menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel
itu sendiri.
Ø Variable Independen → Pengaruh penggunaan Facebook.
Ø Variabel Bebas → Kefektifan
penyampaian informasi antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
F.
Definisi
1.
Definisi konsep
Penggunaan Facebook
Penggunaan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti proses,
cara, perbuatan menggunakan sesuat pemakaian.
Facebook adalah salah satu dari sekian
banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada
di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal My Space atau Friendster,
maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social
Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan
Februari 2004 denganMark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal
berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan
Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook
membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya
tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa
saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook.
Kefektifan Penyampaian Informasi
Pengertian keefektifan (effectiveness) secara kuantitatif
adalah perbandingan antara hasil yang diperoleh dibagi dengan target yang
harus dicapai.
Pengertian penyampaian yaitu proses,
cara, perbuatan menyampaikan: distorsi perumusan ini akan menyebabkan
berbagai kesulitan di proses–nya.
2.
Definisi operasional
Penggunaan Facebook
Penggunaan merupakan pemanfaatan
sesuatu dengan berbagai macam cara yang dilakukan oleh manusia.
Facebook merupakan salah satu sosial media yang kerap kali
digunakan sebagai media komunikasi ataupun penyampaian informasi yang banyak
digunakan diberbagai penjuru dunia. Penggunaannya sudah merata diseluruh dunia,
bahkan dengan facebook ini bukan hanya teman dinegara kita saja yang dapat
berkomunikasi didalamnya namun kita juga dapat menemukan teman ataupun mengenal
banyak teman baru dari Negara lain. Media yang sangat luas koneksinya.
Kefektifan Penyampaian Informasi
Kefektifan merupakan keberhasilan dari suatu pesan dalam
mempengaruhi komunikan dalam memberikan pemahaman. Sedangkan penyampaian yaitu
cara atau proses pentransferan sebuah pesan guna mempengaruhi target komunikan.
Informasi disini bersifat universal dan merupakan kepentingan bersama.
G. Hipotesis
Ø Hipotesis 0 (H0)
→ Tidak adanya pengaruh penggunaan Facebook Kefektifan Penyampaian
Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
Ø Hipotesis a (Ha) → Adanya pengaruh
penggunaan Facebook Kefektifan Penyampaian Informasi
Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
H. Indikator
1.
Variable
Independen → Pengaruh penggunaan Facebook
· Intensitas penggunaan Facebook dalam
sehari.
· Fasilitas Facebook yang digunakan.
· Perubahan yang terjadi setelah
menggunakan Facebook
Ø Variabel Bebas → Kefektifan
Penyampaian Informasi Antarmahasiswa 3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel.
·
Bentuk
komunikasi apa yang sering dilakukan dengan sesama mahasiswa.
·
Pesan
apa tentang komunikasi yang sering dilakukan dengan sesama mahasiswa melalui
Facebook.
I.
Quesioner
ANGKET PENELITIAN
Pengaruh
Penggunaan Facebook Terhadap Keefektifan Penyampaian Informasi Antarmahasiswa
3F2 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel
Petunjuk
Pengisisan :
1. Mohon kesediaan Saudara/i mengisi
kuesioner.
2. Bacalah semua pertanyaan dengan teliti.
3. Isilah jawaban anda dengan jujur, benar, dan jelas.
4. Berikan tanda silang (X) pada setiap
jawaban yang menurut Saudara anggap sesuai.
5. Jawaban anda jangan dipengaruhi oleh
jawaban terhadap pernyataan lain.
6. Setelah diisi mohon dikembalikan
kepada petugas pengumpul kuesioner.
7. Terima kasih atas kerjasamanya.
Nama
Responden :..................................................
Umur : ………………………………
Jenis Kelamin :..................................................
Pernyataan
1. Pertama
kali saya mengenal facebook, saya percaya bahwa facebook adalah media sosial
yang akan membantu saya untuk mendapatkan banyak informasi.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
2. Dengan
facebook saya juga bisa berkomunikasi dengan siapa saja.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
3. Berapa
kali anda membuka facebook dalam sehari ?
[A]
Jarang [B] 1 kali
[C]
2 kali [D] 3 kali [E]
Selalu on
4. Saya
dapat mencari tahu atau menanyakan mengenai tugas melalui facebook.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
5. Banyak
respond dan informasi yang saya dapatkan dari teman-teman melalui facebook.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
6.
Informasi yang
disajikan di dalam facebook tersebut dapat saya pahami.
[A] Sangat setuju [B] Setuju
[C] Ragu-ragu [D] Tidak setuju
[E] Sangat tidak
setuju
7. Fasilitas
yang disajikan dalam facebook sudah membantu saya banyak hal dalam mendapatkan
inforrmasi.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
8. Fasilitas
yang sering saya gunakan dalam facebook adalah …
[A]
Inbox [B]
Update Status
[C]
Group [D]
Skype [E] Kolom Komentar
9.
Dengan siapa
anda sering bersosialisasi membahas masalah tugas di facebook ?
[A]
Teman Sekelas [B] Senior
[C]
Teman Diluar Kelas [D] Dosen [E] Orang tak
dikenal
10. Info
apa yang sering anda cari dalam facebook ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
11. Informasi yang saya temukan di facebook sangat
membantu saya dalam segala hal.
[A]
Sangat setuju [B]
Setuju
[C]
Ragu-ragu [D]
Tidak setuju [E]
Sangat tidak setuju
J.
Sampling
Sampling dalam penelitian ini adalah
populasi. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau
subyek yang menjadi kuantitas dan karasteristik tertentu yang ditetapkan oleh
peneliti. Berdasarkan pemahaman tersebut, maka penentuan populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi 3F2 UIN Suanan Ampel.
0 komentar:
Posting Komentar