Selasa, 14 Oktober 2014

“GAZEBO” dengan Free Public Spherenya

Masih terkait mengenai keberadaan Gazebo kampus. Pengetahuan yang sangat umum sekali jika gazebo adalah tempat berkumpulnya bagi warga kampus. Namun berbeda tujuan mereka perindividu yang memilih gazebo sebagai tempat peristirahatan sementara. Entah itu hanya sekedar mengisi waktu luang menunggu jam kuliah, atau bahkan telah direncanakan sebelumnya. Bertemu dengan teman dan membicarakan sesuatu yang lagi booming-boomingnya dikampus, atau juga mendiskusikan sesuatu yang biasa disebut perubahan. Yaa … itulah berbagai alasan mereka memilih gazebo, bahkan masih banyak alasan lain. Namun apapun yang mereka bincangkan dalam gazebo tersebut, tak semua yang berada digazebo juga turut berperan dalam obrolan itu. Tidak hanya terdiri dari satu kelompok saja.
Berbicara tentang ruang publik, gazebo juga merupakan salah satu lokasi dimana adanya free public sphere. Sebuah teori yang dicetuskan oleh Jurgen Habermas, yang menjelaskan tentang kebebasan publik dalam beragumen mengenai hal apa saja. Kita tidak dapat membatasi ruang publik yang ada dikampus. Dimana ada sekumpulan mahasiswa yang duduk bersama dan berdiskusi tentang tema-tema yang relevan, maka disitu hadirlah ruang publik, yang mana mayoritas pemandangan tersebut bisa ditemui di gazebo-gazebo yang tersedia dikampus. Selain itu ruang publik tidak terikat dengan kepentingan-kepentingan pasar maupun politik. Ruang publik  sebagai ruang yang mandiri dan terpisah dari negara dan pasar. Ruang publik memastikan bahwa warga kampus memiliki akses untuk jadi pengusung opini publik.
Dilihat dari sifatnya publik sphere tidak memberi batasan siapa saja yang dapat bergabung dalam obrolan bebas ini, karenanya bersifat terbuka, transparan, dan tidak ada intervensi otoriter didalamnya. Bisa juga disebut sebagai institusi legal yang tak dibatasi oleh otoriter.

1 komentar:

Taufiq TheAvenger mengatakan...

hmm.. udah mulai kelihatan meski masih kacau logika penulisannya. keep on writing ya, mulai sekarang apapun yang menggelitik rasa keingintahuan kamu, amati, kaji, dalami, lalu tulis di blog ini. oke?? ceungudh ea... ^_^

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com