Selasa, 14 Oktober 2014

Eksistensi Keberadaan Gazebo di kampus UINSA

Gazebo, sebuah lokasi yang tak asing lagi bagi warga kampus. Nama yang berasal dari kata “gaze” (inggris) dengan arti memandang dan kata “ebo” (latin) yang berarti keluar sehingga maknanya menjadi tempat untuk memandang keluar. Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa gazebo diperuntutkan sebagai tempat untuk bersantai sambil memandang sekeliling ruangan. Gazebo identik dengan bangunan sederhana yang nyaman untuk dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, berkumpul bahkan untuk tempat berdiskusi bagi mahasiswa UINSA.
Tak sedikit yang memanfaatkan fasilitas kampus ini, mengingat tersedianya koneksi wifi di gazebo juga mendukung peminat mahasiswa untuk menggunakan gazebo sebagai tempat mencari bahan dan mengerjakan tugas. Hampir disemua gazebo yang tersedia disetiap fakultas selalu ramai dipenuhi oleh warga kampus untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar ngobrol sambil menikmati koneksi wifi yang ada.
Jika dilihat dari segi pemanfaatannya, kehadiran gazebo sangat membantu dalam proses perkuliahan mahasiswa, namun sungguh disayangkan. Dari semua gazebo yang ada, satu diantaranya terlihat tak berfungsi sepenuhnya. Gazebo yang ada difakultas dakwah sedikit berbeda dengan gazebo yang lainnya, meski tetap ramai dipenuhi oleh mahasiswa yang menggunakannya sebagai area diskusi, namun disini tidak dilengkapi dengan koneksi wifi. Sehingga membuat warga fakultas dakwah harus mencari koneksi digazebo fakultas lain.
Dari manfaat yang sangat mendukung bagi mahasiswa, keberadaan gazebo ini sangat penting. Maka dari itu perlu adanya partisipasi mahasiswa dan para pengguna gazebo dalam menjaga kebersihan guna menciptakan suasana dan lingkungan yang bersih diarea gazebo. Jika dikaitkan dengan soal kebersihan, sangat disayangkan sekali keadaan di gazebo dakwah yang terlihat tak terurus. Setiap kali melewati gazebo dakwah dipagi hari, selalu terlihat bekas kopi tumpah yang mengotori meja. Kurangnya kepedulian penggunan gazebo yang tak bertanggung jawab mengakibatkan gazebo dakwah ini kurang berfungsi sepeuhnya sebagai tempat diskusi yang nyaman. Sering kali ditemukan sampah-sampah diatas meja yang sengaja ditinggalkan oleh oknum tak bertanggung jawab.
Jika saja pemanfaatan dilakukan secara benar atas keberadaan gazebo ini, maka suasana kampus akan terasa asri dana nyaman. Adanya gazebo ini tak lain adalah menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk berteduh, mengerjakan tugas dan saling bertukar pikiran yang nyaman.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com